Senin, 26 Maret 2012

Goa Seplawan "Si Gagah" dari Pojok Wetan Purworejo


Goa Seplawan merupakan salah satu objek wisata di sebelah timur Kabupaten Purworejo yang terletak di barisan perbukitan Menoreh Desa Donorejo, kecamatan Kaligesing. Goa Seplawan ini merupakan objek wisata yang sering dikunjungi saat liburan, tempatnya asyikk,,, brrrrr dinginnya kalau malam.
Tempatnya yang masih asri dan terletak di daerah ketinggian (± 700  mdpl) membuat tempat ini semakin sejuk, sangat direkomendasikan untuk mereka-mereka yang ingin “mengademkan” otak setelah sepekan bekerja. Saran saya, sempatkan hari untuk camping karena di sana ada pendopo dan lapangan yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Kalau tidak punya peralatan camping bisa “nebeng” tidur di warung-warung sekitar kok. Adanya kesediaan jaringan listrik yang mempermudah penerangan sehingga tidak perlu membawa lampu-lampu petromaks.
 Malam-malam menikmati pemandangan kota Jogja(Kulon Progo tepatnya) di gardu pandang sangatlah menawan, indahhhnyaaa lukisan sang Maha Kuasa di malam hari, J.  Paginya, jangan lewatkan pula sunrise yang akan membuat pagi kita semakin bersemangat, kita bisa melihat sang mentari muncul dari balik gunung Merapi. Jika cuaca cerah, dari ketinggian seplawan kita juga bisa melihat Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu, serta waduk sermo yang kelihatan jelas samar-samar. Horeeee,,,!!!!!
Belum lengkap rasanya kalau kita tidak Caving alias susur goa, karena yang dijual dalam wisata ini ya Goa Seplawannya. Sebelum masuk goa kita akan melihat sepasang patung yaitu patung Dewa Siwa dan Dewi Parwati serta peringatan-peringatan pembuka sebelum masuk goa. Patung ini adalah arca emas yang ditemukan di dalam goa seplawan dan arca emas ini sekarang sudah tersimpan rapi di Museum Nasional. Di dalam goa sudah ada cukup penerangan, jadi tidak perlu bawa senter, kecuali bagi anda yang ingin susur goa ke kedalaman goa yang tidak ada penerangannya.
Untuk masuk ke pintu Goa Seplawan, kita akan melewati beberapa anak tangga yang sudah dibuat dengan sedemikan rapinya.  Dalamnya Goa Seplawan itu lumayan luas dengan pemandangan stalagmit dan stalaktit yang akan mengeluarkan kilauan yang mengagumkan saat kita memberikan sedikit cahaya, ihirrrr kaya batu permata gitu kilauannya, J. Di dalam Goa Seplawan juga terdapat mata air yang airnya juga dimanfaatkan oleh warga sekitar dan aslinya airnya itu suegeerrr banget, langsung minum juga enak! So jangan takut untuk langsung meminumnya, dijamin rasanya kaya minum air yang baru dikeluarin dari kulkas, brrrrrr, dingin-dingin empuk!!!
Bagi anda yang suka dengan tantangan dan agak sedikit kotor-kotoran serta gelap-gelapan, tidak ada salahnya juga untuk Caving (susur goa) yang lebih dalam lagi. Di sana anda akan menemukan istana lumpur(sebutan dari saya untuk salah satu tempat di dalam goa seplawan ini). Untuk memasukinya anda harus hati-hati karena lorong utama untuk masuknya sangat sempit sehingga harus dengan posisi jongkok saat memasukinya. Semakin masuk ke dalam semakin gelap tetapi lebarnya goa sangat luas, ingat! Perlu bawa senter, head lamp kalau perlu bawa obor supaya bisa melihat keadaan istana lumpur . lumayan tuh kalau masuk ke istana lumpur, bisa sambil maskeran!hehe. keluarnya dari istana lumpur lewat “pintu samping” langsung ketemu sama genangan air, yang lumayan lah buat bersih-bersih sambil renang dalam goa, hahayyy.. aseeekkk.
Jika masih kurang menantang, boleh kok bagi anda yang mempunyai peralatan lengkap seperti peralatan untuk climbing untuk menyusuri kedalaman dan kepanjangan Goa Seplawan, yang katanya sampai ke pantai selatan pulau Jawa. Usut punya usut ada juga yang mencoba caving  kedalaman Goa Seplawan, tapi enggak kembali lagi! Hiii, syeremmmm.
 Bagi anda yang juga suka adrenalin dan mempunyai peralatan climbing yang memadai, anda bisa rapling dan climbing di tebing sebelah timur pendopo, turun ke bawah dai pendopo. Asyikkk lah pokoknyaa. Di bukit sebelah utara, ada tebing dan selama saya memperhatikan tebing itu, ternyata banyak kera putih, tapi saya belum pernah mencapai tebing itu. Hanya memperhatikan! Karena memang medannya yang tidak memungkinkan saya untuk mencapainya!
Kalau anda beruntung, anda bisa bertemu juru kunci Goa Seplawan yaitu Mbah Somo  dan bisa mendengarkan atau minta dijelaskan tentang sejarah Goa Seplawan. Kalau tidak salah di Goa Seplawan juga ada 2 buah makam yang kebetulan juga saya lupa namanya, hehe.
Ohh iya, sebelum pintu masuk ke dalam Goa Seplawan juga ada taman yang di sekelilinganya di bangun kursi-kursi kecil untuk duduk-duduk santaii, hehehe,, #banyak pemuda-pemudi yang pacaran di sana dan tidak sedikit pula pemuda-pemudi yang tidak tahu tempat dan bermesraan seenaknya aja di depan umum# tidak tahu norma blasss, hehe.
Beberapa hal yang terlupakan,,, untuk mencapai Goa Seplawan ya paling enak dan nyaman ya bawa kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Karena, untuk mencapai Goa Seplawan tidak ada angkot yang langsung menuju ke sana, kecuali kalau kita memintanya dan mau membayar lebih. Kalau tidak ya jalan kaki, hehe, paling enak ya jalan dari Curug Siklotok lewat hutan dan kebon warga, hehe. Santai lahh, jalan menuju Goa Seplawan bagus kok. Untuk parkir, area parkirnya luas dan nyaman serta aman. Kalau untuk tiket masuknya tidak mahal kok, enggak nyampe Rp 5.000,00 lah. Enggak seberapa lah dengan pemandangan dan keasrian tempat yang akan kita saksikan. Karena memang tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona! Rasah ngeyel! !Coba saja kalau belum pernah :P.
Dan jika anda beruntung lagi, kalau anda berkunjung ke Goa Seplawan pas musim buah duren, buah yang merupakan jenis buah paling enak di dunia, hehe. Anda akan menjumpai pedagang buah duren di sepanjang jalan menuju Goa Seplawan. Asekkkk,,, anda akan mencicipi buah duren yang masih segarr, maklum kan habis jatoh dari pohon langsung dijual, yuuummmyyy …. sueedeeep e rekkk!! keuntungan ganda, kalau anda pintar nawar, anda akan mendapat buah duren yang bagus dengan harga yang murah. Aseeekkkk. J J J

So, masikah anda berfikir untuk melewatkan liburan ke Goa Seplawan?

Pesan saya, jagalah sopan santun (perkataan dan perbuatan) serta buanglah sampah pada tempatnya.

Okresss,,, spookyyy!!!


 Save Our Earth!!!!!!!!!!!!

 

4 komentar:

  1. alhamdulillah,kemarin sabtu saya bisa pergi kesana kembali....

    kalo berkenan...silahkan mampir ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh,, jare arep manduu akuu,, ndiii? jhannn,,,

      aku pngen ngecamp ng kno neh jee

      Hapus